Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Maros ,- faktualsulsel.com-Senin pagi (3/5/2021) hal yang berbeda nampak di lapangan upacara SMAN 9 Maros. Berbagai siswa hadir dengan baju kebesaran ekskul nya. OSIS dengan jas abu2 nya, Pramuka dengan seragam ambalannya, Paskibra dengan kelengkapan atribut ya yang dominan putih, PMR dengan kostum kepalang merahannya lengkap dengan peralatan P3k dan APD nya, serta barisan kostum hitam presentase dari eskul lainnya yang ada di SMAN 9 MAROS.

Guru dan staf pun tampil representatif dengan baju korpri dan seragam hitam putihnya. Aura yang berbeda sangat terasa di pagi hari tersebut dalam persiapan upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021.

Pasukan pengibar bendera mencuri perhatian dengan tampilan apiknya. Penampilan mereka membuat suasana yang sepertinya biasa2 saja menjadi terasa luar biasa. Parade formasi barisan yang mereka tampilkan layaknya upacara bendera di Istana Negara. Derap langkah kaki mereka tegas dan kuat menghipnotis kegaduhan kecil peserta upacara untuk hening dan terpukau. Iringan musik lagu kebangsaan semakin memberi kehikmatan pelaksanaan upacara tersebut. Formasi yang ditampilkan menyebabkan peserta upacara melupakan sejenak teriknya mentari.

Momen Hardiknas adalah momen penting dan sakral bagi elemen dan warga sekolah. Penyambutan untuk momen tersebut walaupun diadakan dengan sederhana di masa pandemi ini tapi tidak mengurangi makna yang harus dimunculkan.

Dengan tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”, Plt Kepala UPT, SMAN 9 Maros dalam pidatonya membacakan sambutan Menteri pendidikan dengan lantang dan mimik orasional demi membakar semangat peserta yang harus bergelut dengan teriknya mentari yang semakin menanjak di cakrawala.

Adnan Adam mengingatkan agar pandemi ini tidak membuat kita terlena dan menghentikan gerak kita dalam mewujudkan merdeka belajar. Tentunya semua sambutan yang disampaikannya mengutip sambutan Mendiknas sarat dengan semangat luhur untuk menciptakan pelajar yang pancasilais.

Layaknya upacara sakral lainnya seperti hari kemerdekaan, usai upacara para peserta menampakkan rasa syukur dan kegembiraan mendalam karena telah mengikuti upacara tersebut di bulan puasa ini.

Mereka menyempatkan untuk istirahat sejenak di lapangan dan mengabadikan momen indah dengan berfose bersama peserta upacara lainnya. Momentum tersebut mengambil tempatnya dikarenakan seragam khas masing-masing peserta menjadi album abadi dalam mengenang keindahan sebuah silaturahmi.

Begitu bersahaja guru2 dan siswa berbaur berfose bersama. Melupakan sesaat rasa kikuk, para siswa memberanikan diri untuk mengukir sebuah album kenangan indah bagi mereka dalam melakoni pendidikan di SMAN 9 Maros.

Selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021. Jayalah terus pendidikan Indonesia.

Laporan**Zaenal
KA. Biro Kabupaten Maros Faktual Sulsel com
Editor Saiful Rahman
.

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *