Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Maros,- faktualsulsel.com- Guna membekali para calon anggota Palang Merah Remaja (PMR) sekaligus syarat mutlak untuk menyandang status sebagai anggota Palang Merah Tingkat Wira, maka PMR Wira 015 SMAN 9 Maros mengadakan kegiatan diklat indoor dan outdoor untuk membekali para calon anggotanya sehingga memiliki jiwa kepalangmerahan.

Pembukaan diklat diadakan jumat sore (28/5/2021) yang dihadiri langsung oleh Plt. Kepala UPT SMAN 9 Maros, Adnan Adam M.Pd beserta pembina eskul PMR, Marsuki S. Pd dan tim anggota PMI Kab. Maros.

Diklat tersebut yang selanjutnya mengalami perubahan nomenklatur menjadi Orientasi Kepalangmerahan dilaksanakan dari tanggal 28-30 Mei 2021. Kegiatan meliputi pengembangan mental kepalangmerahan (indoor) dan kegiatan fisik sekaligus pembersihan lingkungan sekolah (outdoor). Lagu Indonesia Raya dan Mars PMR mengawali
pembukaan yang berlangsung sangat harmonis tersebut
Dalam sambutannya, Adnan Adam mengharapkan kiranya para calon Wira PMR tidak hanya menjadikan eskul PMR sebagai label popularitas belaka,namun lebih dari itu, jiwa kepedulian sosial mereka harus terbentuk setelah kegiatan tersebut, “Kalian harus memiliki jiwa peer leadershift, peer support dan peer educator dalam artian, kalian harus selalu menjadi terdepan, menjadi contoh, dan dapat menjadi pendidik sebaya untuk siswa lainnya agar mereka selalu mencintai lingkungan, memahami aspek kesehatan dasar (PHBS) serta memliki kepedulian sosial terhadap kesusahan orang lain” ucapnya yang disambut dengan tepuk tangan para peserta.

Adnan Adam menitipkan pesan kepada pembina dan tim PMI Kabupaten Maros agar kiranya di masa pandemi ini memperkuat basis keorganisisian dengan membekalkan pemahaman mendalam kepada para siswa eskul PMR untuk secara umum seluruh anggota eskul dapat memahami visi dan misi organisasinya yang terangkum di dalam tribakti PMR.
Menurut Marsuki, orientasi kepalangmerahan Wira 015 SMAN 9 Maros dilaksanakan dalam 2 bentuk, yaitu pengembangan mental dalam bentuk pemberian materi serta kegiatan fisik untuk meningkatkan kesehatan jasmani para anggota.

Dalam kegiatan outdoor tersebut, peserta orientasi juga akan melakukan kegiatan pembersihan lingkungan sekolah sehingga terbentuk karakter cinta lingkungan mereka” Ucap lelaki yang telah lama berkecimpung di dunia kepalangmerahan.
Kegiatan orientasi kepalangmerahan tingkat Wira SMAN 9 Maros seyogyanya diadakan lebih awal namun mengalami kemunduruan pelaksanaan kegiatan dikarenakan kondisi Pandemi saat ini. Bahkan di saat pembukaan orientasi, pihak PMI Kabupaten Maros mewanti-wanti panitia agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan. Pemakaian masker, jaga jarak serta penggunaan handsanitizer harus menjadi bagian budaya dan keseharian di masa new normal ini.

Laporan : (** Zaenal)
KA. Biro Maros Kabupaten Maros Faktual Sulsel com

Editor Saiful Rahman

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *