PANGKEP, faktualsulsel.com – Koramil 1421-06 Segeri Mandalle bersama KNPI Mandalle dan masyarakat melaksanakan Karja Bakti/Pembersihan di Patung bersejarah pejuang Kemerdekaan RI 1945 “Lakaterru (Baco Pararang)” di Dusun Bonto Lamungan Mandalle Utara Desa Mandalle Kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep, Sabtu (15/01/2022)

Pembersihan menerjunkan segenap personil TNI dari Koramil 1421-06 Segeri Mandalle Kodim 1421/Pangkep ini yang dipimpin langsung oleh Danramil 1421-06 Segeri Mandalle Kapten Inf. Muh. Mulyas, KNPI Mandalle dipimpin Muamar Qadar, Spd, Mpd, Masyarakat dan Staf Desa Mandalle dipimpin Kades Lukman Rahim, Amd.Pi.

Berbaur dengan segenap rakyat warga masyarakat sekitar lakukan giat pembersihan dan penataan selayaknya dilaksanakan adalah meliputi pembersihan alang alang/rumput di jalan dan areal sekitar Patung, pembersihan tulisan Prasasti, pengecetan ulang tulisan Prasasti (belum bisa dilaksanakan karena terkendala cuaca hujan).

Menurut danramil 1421-06 Segeri Mandalle Kapten Inf. Muh. Mulyas menyampaikan bahwa Kemanunggalan TNI – rakyat melakukan untuk melestarikan budaya kebersamaan dan gotong royong sebagai ciri dan nilai luhur Bangsa Indonesia serta sebagai penghormatan atas jasa jasa Pahlawan Kemerdekaan RI, sebagai bangsa yang besar, sebagaimana “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

Disampikan Muh. Mulyas data tentang Lakaterru alias Baco Pararang :

  1. Lakaterru alias Baco Pararang merupakan Kepala Kelompok Pasukan Barisan Pemuda Merah Putih (Barisan PMP) yang dibentuk oleh Andi Mandacingi (Karaeng Mandalle)
  2. Lokasi Patung tsb, dahulunya merupakan salah satu tempat yg dijadikan sebagai tempat penghadangan musuh yang akan masuk di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Baik datangnya dari Darat maupun arah Laut)

Selanjutnya oleh Muh. Mulyas sampaikan singkat-singkat sejarah sbb :


a. Pada tgl 28 Juli 1946 dibentuk Kelaskaran Rahasia Islam Muda (KRIS MUDA) Mandalle yang bermarkas di Coppotompong dipimpin M. Dahlan dan Zainuddin Condeng.
b. Pada Bln September 1946, laskar Harimau Indonesia (HI) datang ke wilayah Pangkep bagian pegunungan dan mendirikan markas di Bulu Langi.
c. Pada Bln Oktober 1946 Perjuangan pulau – pulau kecil dilakukan oleh PPNI / ALRI yang dibentuk oleh Ali Malaka.
d. Banteng Indonesia Sulawesi (BIS).

** Deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.