PANGKEP, FaktualSulsel.com — Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi didampingi bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL) bersama jajaran Forum komunikasi pimpinan daerah(Forkopimda), ziarah ke makam raja Bone ke-14, La Tenriaji Arungpone Matinroe Ri Pangkep atau La Tenriaji To Senrima, yang terletak di Kampung Siang, Kelurahan Bori Appaka, Kecamatan Bungoro, Kamis(17/3/22).

Bupati Pangkep MYL, menyampaikan selamat datang kepada Bupati Bone dan rombongan.

MYL mengatakan, Kegiatan ini merupakan silaturrahmi antar dua kabupaten.

Ziarah kubur ini, oleh pemkab Bone diharapakan dapat mempererat silaturrahmi masyarakat Pangkep dan Bone. Khususnya warga Pangkep yang memilki darah keturunan Bone.

Yusran mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat situs-situs peninggalan sejarah.

“Bukan sekadar tahu, tapi kita jaga situs bersejarah kita,”katanya.

Pemkab Pangkep lanjutnya, akan memperhatikan situs bersejarah. Serta menjadikannya wisata edukasi.

“Target awal kami, kita anggarkan untuk rehabilitasi situs-situs khususnya makam raja-raja. Bukan hanya disini, tapi beberapa tempat lainnya,”tambahnya.

Kegiatan ziarah makam raja-raja ini sambung MYL, akan menjadi agenda tahunan.

Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi, mewakili pemerintah dan masyarakat Bone menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab dan Forkopimda Pangkep yang mendukung rehabilitasi makam raja Bone.

Hadirnya makam ini, membuka cakrawala masyarakat dan pemerhati sejarah bahwa ada makam raja Bone di Siang.

“Kita berharap, ini menjadi perekat bagi masyarakat Bone dan Pangkep. Ke depan, setiap hari jadi Bone akan dikunjungi diziarahi oleh pemkab Bone. Terima kasih Pemkab Pangkep atas dukungannya,”jelasnya.

Deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.