FaktualSulsel.com, Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah sikap disiplin dari para siswa. Disiplin merupakan sebuah kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban. Kedisiplinan siswa memegang peran penting terhadap kemajuan suatu sekolah karena kondisi sekolah yang tertib akan menciptakan proses pembelajaran yang baik. 

Seperti halnya Sekolah yang berada dalam wilayah Kabupaten Pangkep, Sekolah Dasar Swasta Unggulan  Semen Tonasa 2, menerapkan berbagai upaya untuk menanamkan kerjasama dalam proses belajar mengajar, sikap disiplin untuk menanamkan sikap kerja sama antara siswa satu dengan lainnya, siswa dan guru, maupun siswa dengan lingkungannya.

“Mengajarkan kebutuhan untuk berorganisasi. Sikap disiplin juga bisa dijadikan sarana untuk menanamkan sikap kebutuhan berorganisasi pada diri siswa. Sikap disiplin yang kami terapkan di sekolah Binaan semen Tonasa 2 ini tujuannya untuk mendorong siswa untuk mengembangkan diri melalui organisasi yang di dalamnya terdapat aturan yang harus ditaati, menghormati hak dan kewajiban orang lain. Dengan bersikap disiplin, siswa akan menyadari hak dan juga kewajibannya. Hal tersebut secara tidak langsung juga akan menanamkan sikap pada diri siswa untuk menghormati hak dan kewajiban orang lain, “ujar Kepala Sekolah Drs. Muh Sira, saat di temui diruang kerjanya, Jumat 6 Oktober 2017.

Muh Sira menjelaskan bahwa SD  Semen Tonasa 2 menyelenggarakan beberapa kegiatan yang saat ini dijalankan seperti program Akademik dan Non Akademik, program akademik ini meliputi proses siswa siswi saat menjalankan proses belajar mengajar di sekolah sedangkan non akademik itu meliputi, marching Band, pramuka dan olah raga serta seni tari.

“Kedua program ini yang kami terapkan di SD  Semen tonasa 2 untuk membangun karater siswa, kedisiplinan, ketekunan dan kerja sama antar siswa dalam menjaga kekompakan dalam menghadapi persiapan perlombaan yang nantinya akan di adakan, “tutupnya.

Laporan Baharuddin T/SR

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *