Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Kendari, Faktualsulsel.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melakukan kerja sama pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Universitas Terbuka (UT) Kendari, yang di tanda tangani Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST., MM bersama Kepala UPBJJ UT, Drs. Effendi M, M.Hum, di Claro Hotel, Selasa (02/04/2019).

Kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepahaman/ Memorandum Of Understanding (MoU) ini, meliputi bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Pemamfaatan SDM, serta kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

Penandatanganan di laksanakan pada Upacara Penyerahan Ijazah Tahap I UT TA 2018-2019, yang turut di saksikan Rektor UT, Prof. Ojat Djarot, Kasubag TU, Arif Suhadi, S.Kom dan Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Pujinono, SH, MH, Kabag Humas, Muh Taufik Amin Lar, AP., M.Si dan Kabag Kerjasama Setda Konsel, Agustina Melamba.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, di hadapan 577 Wisudawan/ti UT yang juga turut menyaksikan penandatanganan MoU ini, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama antara Pemda dan UT yang bertujuan agar dapat membantu mendorong percepatan peningkatan SDM masyarakat Konsel. ” Kerjasama bersama UT kita laksanakan, karena salah satu kampus yang menawarkan cara wajib belajar mandiri tanpa meninggalkan rutinitas keseharian, khususnya bagi para Guru ASN yang terus kita kembangkan kemampuan SDMnya melalui peningkatan strata pendidikannya,” ungkap Surunuddin.

Hal tersebut sejalan dengan program Pemda dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat dan para ASN, jelas Surunuddin, yang akan terus kita kembangkan dengan melakukan kerjasama pada semua bidang, sehingga misi tersebut dapat tercapai sesegera mungkin, karena modal dasar pembangunan adalah kualitas SDM dibarengi etos kerja serta didukung Sumber Daya Alam.

Ia juga menjelaskan bahwa MoU yang diteken hari ini, merupakan Universitas yang ke-8 (delapan) yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM dan pengelolaan SDA, yang dilaksanakan demi percepatan pembangunan di daerah khususnya di bidang pendidikan menuju Desa Maju Konsel Hebat yang masyarakatnya Mandiri, Cerdas dan Sejahtera.

Tentu ini juga terbuka bagi UT Kendari untuk membantu mewujudkan hal tersebut, pungkas Surunudin. Yang sekaligus menyampaikan selamat kepada wisudawan/ti, sembari berpesan agar ilmu yang di dapatkan bisa lebih ditingkatkan dalam rangka pengabdian di tengah-tengah masyarakat untuk membangun Sultra, terkhusus daerah Konsel.

Sedangkan menurut Kepala UPBJJ UT Kendari, Effendi, kerjasama dengan universitasnya sangat menguntungkan bagi Pemda dan masyarakat Konsel, karena sistem pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan perkembangan era digital 4.0 saat ini yang serba cepat, dengan tidak mengganggu pekerjaan yang di lakoni serta mampu berinteraksi dan menambah wawasan tanpa batas.

Dikatakannya, karena UT sudah menerapkan pembelajaran kuliah online maupun tatap muka, yang anak didiknya telah diajar sejak semester awal menggunakan teknologi sekaligus pembelajaran daring melalui website e-learning. ” Sehingga dirinya berharap, dengan adanya MoU, masyarakat Konsel akan berbondong-bondong menempuh pendidikan di UT, yang juga memiliki banyak kelebihan dari akademi lain, khususnya bagi para Guru yang ijazahnya belum linear dengan jurusan sesuai aturan kependidikan spesifik dan syarat mengajar,” imbuh Effendi.

Sehingga hari ini kita adakan MoU untuk menjawab kebutuhan itu, tandasnya, yang juga dalam rangka membantu Pemda dan Masyarakat Konsel, yang Insya Allah secepatnya akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) melalui Disdikbud secara spesifik, termasuk sharing budget terkait beasiswa bagi masyarakat kurang mampu dan berprestasi serta bagi para ASN,”Pungkasnya.

(Reporter:Edison)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *