HUT 55 Tahun Semen Tonasa

faktualsulsel.com–Parepare — Polisi Rukun Warga atau di singkat dengan sebutan Polisi RW adalah sebutan untuk petugas keamanan yang bertugas di tingkat lingkungan atau rukun warga (RW), ini merupakan inovasi terbaru Polri dalam hal memaksimalkan upaya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar masyarakat.

Inovasi pembentukan Polisi RW ini telah tergelar secara serentak di seluruh wilayah Nusantara, namun lantaran keberadaan Polisi RW ini adalah hal terbarukan sehingga memerlukan pembekalan dan pelatihan kepada petugas pengembannya terlebih dahulu.

Sebagai upaya untuk menyiapkan Polisi RW ideal yang siap, Sat Binmas Polres Parepare yang di nahkodai AKP. Anwar, SH, menggelar Pelatihan dan Pembekalan kepada ratusan personil Polres Parepare yang mengemban tugas sebagai Polisi RW.

Pelatihan ini di laksanakan di Aula Baruga Pratistha, para Polisi RW di bekali dengan ruang lingkup kerja dan hal – hal terkait lainnya. Rabu (31/05/2023) pagi.

Kasat Binmas AKP. Anwar, yang bertindak selaku narasumber pada pelatihan tersebut menyebutkan bahwa tugas utama dari seorang Polisi RW adalah menjaga Kamtibmas di lingkungan ia di tugaskan, memberikan bantuan kepada masyarakat, menjadi seorang mediator pemecahan masalah, dan juga berfungsi sebagai pengawas kelancaran jalannya aktifitas masyarakat.

Hal ini di katakannya saat di konfirmasi usai memberikan pelatihan di Baruga Pratistha Polres Parepare.

” Hari ini (31/05) kita laksanakan pelatihan dan pembekalan kepada para personil Polres Parepare yang ditugaskan selaku Polisi RW, pembekalan ini meliputi berbagai hal terkait tugas pokok seorang Polisi RW “. Kata Anwar.

Lebih lanjut Anwar katakan, ” sesuai dengan petunjuk teknisnya, pada dasarnya tugas utama dari seorang Polisi RW adalah menjaga Kamtibmas ditempat ia di tugaskan, ia juga di tuntut untuk menjadi seorang mediator pemecahan masalah sosial dan melakukan tindakan – tindakan preemtif (pencegahan) jika terjadi konflik antar warga.

” Pimpinan (Kapolres Parepare) sangat berharap, dengan keberadaan Polisi RW yang di tempatkan di setiap lingkungan masyarakat, akan mampu mewujudkan situasi Kamtibmas yang jauh lebih kondusif, berbagai persoalan di tengah masyarakat dapat di antisipasi lebih dini, dan masyarakat pun lebih tenang dalam beraktifitas, yang kedepannya diharapkan akan terwujud Polri yang dekat dengan masyarakat, Polri yang bersinergi dengan masyarakat “. Ujar Anwar, Kasat Binmas Polres Parepare.

Di kutip materi pembekalan Polisi Rukun Warga (Polisi RW) :

  • Pemolisian Masyarakat
  • Konsep Polisi Rukun Warga
  • Tugas Polis Rukun Warga
  • Standar Operasional Prosedur Polisi Rukun Warga

Untuk mendukung jalannya pelatihan petugas Polisi RW, AKP. Anwar didampingi oleh personil Sat Binmas, yang terdiri dari Ipda Hamka, Aiptu Ramla, Aiptu Bartolomeus, Aipda Baharuddin, dan Bripka Muh. Saleh.

(**/Bahtiar A.)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *