Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


faktualsulsel.com–Parepare — Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahun tepat pada tanggal 1 Juni, diperingati secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Peringatan Harlah Pancasila merupakan momen peringatan penetapan Harlah Pancasila yang ditetapkan melalui sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945 yang silam, yang pada saat itu Presiden Soekarno untuk pertama kalinya menyebutkan kata Pancasila.

Memperingati hari bersejarah ini, Polres Parepare menggelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila yang tepat jatuh pada hari kamis tanggal 3 Juni 2023, di ikuti oleh seluruh personilnya di Mapolres Parepare, Kamis ( 1/06/2023) pagi.

Kapolres Parepare AKBP. Andiko Wicaksono, yang menggunakan Pakaian Dinas Upacara I ( PDU I ), bertindak selaku Inspektur Upacara.

Bertindak selaku Perwira Upacara, AKP. Paulus Kasno (Kasat Samapta) dan selaku Komandan Upacara diamanahkan kepada Iptu M. Tajrid (Waka Polsek KPN), sementara Pembaca Teks Pancasila di tugaskan kepada AKP. Hariyullah ( Kapolsek Bacukiki ), disusul AKP. H. Muh. Amin (Kapolsek Soreang) yang bertugas selaku pembaca Pembukaan UUD 1945.

Di kutip beberapa pesan dari amanat seragam Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, yang di bacakan oleh Andiko Wicaksono, sebagai berikut :

Dengan Pancasila, Indonesia adalah rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, yang adil, yang makmur di tengah kemajemukan dunia.

Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustad, pendeta, pastur, biksu, pedanda, pendidik, budayawan, pelaku seni, pelaku media, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila.

Pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan, dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Usai memimpin upacara, Kapolres Parepare bersama para PJU, mengikuti
upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 secara Daring, yang dipusatkan di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 bertemakan ” Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global “, sementara tagline nya adalah Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia.

(**/Bahtiar A)

Editor : SR. Taggiling

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *